Destinasi Wisata Danau Bujukan Perlu Perhatian

PRABUMULIH,
DemokrasiindonesiaPost.com-Cara geografis, Kota Prabumulih mungkin alamnya tidak seindah Kota Pagar Alam dan beberapa Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Dari beberapa Kota/Kabupaten tersebut tidak diragukan lagi panorama alamnya hingga dapat memukau mata yang memandangnya.

Di Prabumulih sendiri pemandangan alami seperti itu tidak bakal dijumpai. Walaupun demikian mengenai Destinasi Wisata dari Kota Nanas ini,optimis dapat menciptakan sebuah wahana wisata yang layak untuk dikunjungi.

Pada tahun 2018 di Desa Karang Bindu Kecamatan RKT Kota Prabumulih,dibuatlah tempat wisata umum dengan dimanfaatkannya danau alami oleh warga sekitar dan diberi nama Danau Bujukan.

Diketahui 1 tahun terakhir ini danau tersebut mulai sepi pengunjung dan juga nampak kurang perawatan. Menurut pengelolah danau dan juga Kepala Desa Karang Bindu Dedi Abson saat dikunjungi beberapa anggota PD- IWO Prabumulih mengatakan, pada 8 Februari 2021 silam.

baca juga:  Antusias Peserta CPNS Prabumulih Overtarget

Terkendala pandemi covid-19 menjadi Faktor utama sepinya pengunjung.

“Iya,terkendala covid serta merta mengurangi pengunjung,hingga berdampak pada pendapatan yang berkurang dan akhirnya berpengaruh pada biaya perawatan bahkan penambahan sarana pendukung untuk lebih memperindah danau,” jelasnya.

“Rencananya pada tahun ini,danau akan kita perbaiki lagi,tapi saat ini terkendala dana semoga ada bantuan dari pemerintah maupun dana CSR.

Lanjut,ia juga berharap ada dukungan dari pihak pemerintah maupun perusahan BUMN atau swasta yang ada disekitar wilayahnya,” ungkap Kades Dedi sapaan akrabnya.

Sementara itu melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) Kota Prabumulih Joko Firdaus menyampaikan.
Untuk pariwisata saat ini tidak ada istilah melemah,tetapi harusnya masyarakat mendukung akan adanya tempat wisata di Prabumulih.

baca juga:  Jumputan Nanas Prabumulih Pukau Pengunjung Palembang Fashion Food Festival 2020

“Kita selaku warga Prabumulih harusnya bangga akan adanya wisata didaerah kita,dikunjungi dan ramaikan danau bujukan ini,” ujar Joko diruang kerjanya, Selasa (16/2/2021).

“Untuk lebih meningkatkan daya tarik pengunjung perlunya berbagai terobosan disekitaran danau,bahkan sistem informasi dan promosi yang tak henti khususnya dari rekan rekan media.

Lebih jauh beliau juga mengingatkan, perlunya berbagai inovasi yang membangun untuk lebih memperindah danau tersebut,”Ucapnya.

Disinggung tentang campur tangan atau adanya bantuan dari Pemkot Prabumulih,kadin Pariwisata menjelaskan.

“Dari pihak kita dinas Pariwisata,dalam waktu dekat ini untuk dana belum bisa dianggarkan,tapi dengan berbagai programnya pihak pemerintah kota akan selalu mensuport kemajuan wisata di Prabumulih,” pungkasnya.(07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *