Inovasi Warga Kampung Warna Warni Jalan Pelangi Gang Merapi Wonosari

PRABUMULIH,
Demokrasiindonesiapost.com – Inisiatif warga, RW 06 RT01, tepatnya di Jalan Pelangi Gg Merapi, Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara, yang membuat jalan dan gang di rt 01 ini terlihat berbeda dengan gang-gang di wilayah RT lain, kegiatan ini berlangsung atas inisiatif warga setempat. Salah satunya adalah yang termasuk pelopor dan inisiator adalah Bapak Deni dan Bapak Suhadi, dan hal ini rupanya mendapat sambutan pula dari warga lain sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Hari ini Sabtu (22/08/2020) kami coba mencari tau bagaimana kampung warna warni ini dimulai

“Ini rencananya akan kita buat sepanjang Gg Merapi, dan atas dasar swadaya masyarakat, kalau ada yang nyumbang ya kami akan terima, lalu kita belikan cat dan perlengkapan lainnya,” ujar Pak Suhadi yang kami lihat sedang sibuk menggoreskan kuasnya pada dinding salah satu rumah warga menjelaskan.

baca juga:  Bantuan Paket Sembako Tahap Dua akan Segera Disalurkan

Selain dari pengecatan dan melukis dinding sepanjang Gg Merapi, terlihat juga ada lampu-lampu hias terpasang dibeberapa titik depan rumah warga ini, seperti yang terlihat pada foto yang kami lampirkan, yang menurut warga itu semua murni swadaya masyarakat.

“Ini semua murni swadaya pak, dan Alhamdulillah warga disini juga punya keinginan yang sama dengan kami, yakni ingin menghiasi rt kami ini agar terlihat lebih rapi dan indah,” ujar Pak Deni selaku inisiator kampung warna warni ini.

RT 06 RW 01 kelutahan wonosari juga baru-baru ini melaksanakn lomba RBRI (Rumah Bersih Rapi Indah) yang melibatkan warga RT 01.

“Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke 75 rt 01 ini kemarin mengadakan lomba pak, lomba yang kami pelopori itu Alhamdulillah cukup meriah namun tetap dalam protokoler Kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

baca juga:  Bantuan Dana Pendidikan Bagi Pelajar Prabumulih dari BRI

Dan sebagai jurinya waktu itu Ketua RW 06 Ibu Anis, dan ketua RT 01 Ibu Nila, dan spesifikasi penilaian yakni Kebersihan, Kerapihan dan Keindahan, jadi saat itu para juri menilainya dari luar rumah, inilah cara kami memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI ini pak, karena pemerintah kita kan menganjurkan agar tetap stay àt home, atau dirumah saja, selain itu juga kita ada rencana tanam buah anggur ukraina pak, dan pohon anggur tersebut kita buatkan tempat khusus seperti ini pak (sambil menunjuk ke sebuah tempat dudukan tanaman anggur yang tersusun rapi diatas gang merapi ini),” Kata Pak Deni lagi menerangkan sambil mengajak kami ikut berkeliling.

Saat ditanya apa harapan mereka kedepannya, Deni dan Suhadi mengharapkan agar kiranya Walikota Prabumulih dapat sesekali berkunjung ketempat mereka.

baca juga:  Walikota Prabumulih Bersama Gubernur Sumsel dan Dirjen PUPR Ground Breaking Perumahan Petugas Kebersihan Kota Prabumulih

“Harapan kami kegiatan kampung warna warni dan kampung asri ini dapat dilihat oleh walikota prabumulih, Bapak Ridho Yahya, dan kiranya pemerintah juga dapat mensuport dan membantu kami, karena sampai saat ini apa yang kami lakukan ini berdasarkan sumbangan sukarela warga sekitar, belum ada bantuan dari pihak manapun,” kata Deni menutup pembicaraan sore ini.

Kampung Warna-Warni yang terlihat di RW 06 RT 01 Kelurahan Wonosari ini memang belum selesai, namun dari sisi keindahannya sudah terlihat, dan juga dari segi kekompakan warganya patut juga kita apresiasi, karena tak banyak warga seperti Pak Deni dan Pak Suhadi yang memiliki inisiatif untuk menghiasi kampungnya ditengah-tengah kesibukan mereka dalam aktifitas keseharian. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kampung lainnya di kota nanas ini.(han/07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *