Sen. Jul 22nd, 2019

KPUD Kota Prabumulih Lakukan Simulasi Pencoblosan

PRABUMULIH,
Demokrasiindonesiapost.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih, Sabtu, (13/4/2019) menggelar praktek terkait Simulasi Pemungutan Suara TPS dan Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 mendatang.

Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Taman Kota (Tamkot) Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih Sumatera Selatan, Sabtu (13/4/2109) pagi pukul 06.30 WIB.

Ketua KPUD Kota Prabumulih, Marjuansyah, SIP menyebutkan, kegiatan simulasi nasional pemungutan suara dan rekapitulasi hasil perolehan suara di TPS tersebut. Yakni diskemakan pihaknya persis seperti pelaksanaan hari H di 17 April 2019 mendatang.


“Harapan kita hasil kegiatan simulasi hari ini bisa memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Prabumulih nanti dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan harapan semua pihak,” ungkapnya pria berkacamata tersebut ketika dibincangi awak media Sabtu (13/4/19)

baca juga:  Setelah Sekolah Bupati PALI Sasar Mushola

Dikatakannya, waktu pencoblosan dimulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Dan, selain itu diskemakan untuk di TPS maksimal 300 orang pemilih dengan kategori pemilih diantaranya; Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Pemilih Pemula, Pemilih Disabilitas dan masyarakat umum.
“Juga terkait soal ini pun harus menyamakan persepsi berdasarkan aturan-aturan KPU serta ditambahkan pula peraturan dari Mahkamah Konstitusi (MK) kita. Dengan begitu, tentunya wajib sama antara simulasi dengan hari H penyelenggaraan alias jangan sampai menimbulkan suatu perbedaan nanti,” tambah Marjuansyah.

Terlebih usai Ketua KPU Kota Prabumulih menyampaikan kata sambutannya di hadapan puluhan tamu undangan yang hadir, peserta pemilih sekaligus diajak memperaktekkan langsung bagaimana tata cara memilih mulai dari ambil kertas suara Calon Presiden (Capres), DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota yang telah disiapkan petugas panitia.
“Kemudian mencoblos di balik bilik suara, memasukan kertas suara ke kotak suara dan berakhir mencelupkan jari pakai tinta, yang mana hal itu sebagai tanda bukti mereka (peserta pemilu, red) kita selesai menyalurkan suaranya di TPS,” tambah Dinarson, SH, MSi pria selaku Sekretaris KPUD Kota Seinggok Sepemunyian.

baca juga:  Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan Pemkab PALI

Pantauan media ini di lapangan, kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 7.00 WIB dan dihadiri peserta, yang terdiri dari belasan Mahasiswa Yayasan Pendidikan Prabumulih (YPP), Disabilitas, masyarakat umum, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Marthodi, SH, MSi, ketua Partai Politik (Parpol) serta sejumlah tamu undangan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *