Rab. Jun 19th, 2019

Ridho-Fikri Siap Bersinergi Dengan Pertamina Asset 2 Bangun Sekolah Akamigas Prabumulih

PRABUMULIH,
Demokrasiindonesiapost.com Pemerintah Kota Prabumulih berencana ingin memiliki sekolah tinggi Akamigas nampaknya dalam waktu dekat akan segera terwujud. Selain telah menyiapkan lahan, Kota Prabumulih yang dikenal sebagai daerah penghasil minyak dan gas terbesar di Sumatera Selatan juga dinilai tepat untuk didirikannya sekolah tinggi tersebut. Rencana ini pun juga mendapat sambutan dan dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Herman Deru saat berkunjung ke Kota Prabumulih, dalam rangka kegiatan Focus Group Discussion Pendidikan Vokasi Sektor ESDM di gedung Patra Ria komplek Pertamina Asset 2, Kamis (7/2/2019) siang. Deru menilai sudah selayaknya Prabumulih memiliki sekolah maupun perguruan tinggi yang khusus membidangi minyak dan gas.

baca juga:  Walikota Ucapkan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD Kota Prabumulih 2017

“Saya sangat mengapresiasi walikota. Sebagai gubernur saya bangga jika saja banyak walikota selangkah seperti pak Ridho Yahya. Sebagai gubenur saya setuju Akamigas didirikan di Prabumulih,” tegas Herman Deru.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sambung Deru, Pemprov Sumsel juga siap untuk membantu membangun gedung Akamigas jika telah disetujui Kementerian ESDM. Melalui sarana sekolah tinggi Akamigas itu diharapkan nantinya akan menghasilkan lulusan terbaik yang mampu dan menguasai ilmu tentang minyak dan gas.

“Kami komitmen bersedia membangun Akamigas. Hal penting sekolah ini diminati, oleh karena itu tahap awal saya akan mensubsidi mahasiswa disana. Kita berharap lulusan di Akamigas bekerja di Sumsel. Tahun ini 20 orang pelajar Prabumulih di sekolahkan di Cepu,” ungkapnya.

baca juga:  HDMY Resmi Dilantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel

Sementara itu, Kepala BKSDM, Prof Dr Ir IGN Wiratmaja Puja MSC mengungkapkan, hal yang perlu diingat dalam mendirikan sekolah tinggi tersebut adalah Fisibility Study (FS). Jika hal tersebut telah sesuai maka Akamigas bisa dibangun dan diusulkan ke Kementrian. Sebab, antara walikota dan gubernur saling mendukung dan sudah kondusif.

“Pemprov Sumsel dan Pemkot Prabumulih saling mendukung, ini menjadi dasar acuan kita untuk dilaporkan ke menteri. Saat ini masih dalam proses, paling 2 bulan muncul hasilnya. Jika disetujui nanti pak menteri yang mengajukan untuk dibangun. Paling tahun depan dianggarkan di APBN,” katanya.

Sedangkan, Walikota Ir H Ridho Yahya MM menjelaskan, jika disetujui maka lahan yang disediakan untuk membangun akamigas akan dibeli. “Jika nanti pak menteri setuju sekolah akamigas di bangun di Prabumulih maka kita siap membangun gedungnya,”Jelasnya.

baca juga:  Pertamina Asset 2 Gelar Donor Darah

Masih kata Ridho Yahya, dasar membangun Akamigas di Prabumulih karena Sumsel merupakan lumbung energi, dan Prabumulih pusatnya Pertamina EP region sumatera. Lalu sejarah minyak dan gas ada di Prabumulih serta Akamigas pertama juga ada di kota Prabumulih.

“Apalagi Prabumulih merupakan satu-satunya daerah yang menjadi model percontohan gas rumah tangga terbaik dan terbanyak di Indonesia. Dan Prabumulih mempunyai meseum 3D Migas yang dibangun oleh pihak PT Pertamina EP,” pungkasnya.(ads)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *