Ming. Apr 21st, 2019

Elang Jawa (Eja) ditetapkan sebagai maskot Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jatim

JATIM,
Demokrasiindonesiapost.com-Karya desain grafis Jawa Pos, Raga Nopsa, berupa Elang Jawa (Eja) ditetapkan sebagai maskot Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jatim, setelah memenangi lomba karya maskot HPN 2019 yang digelar PWI Jatim. Karyanya, menyisihkan tiga nominator lainnya, yang dinilai tiga dewan juri profesional dalam bidangnya.

Dewan juri yang terdiri dari Martadi (Akademisi Unesa Surabaya), Ferry Suharyanto yang akrab disapa Cak Pe’i (Praktisi) dan Luthfil Hakim dari PWI Jatim menilai karya Raga Nopsa, meraih yang terbaik.

Dalam desain tersebut digambarkan, Elang Jawa yang sudah mulai punah itu mengenakan beskap lengkap dengan aksesoris ala Jawa Timuran. Beskap lekat debgan masyarakat Jatim, serta biasa digunakan dalam acara-acara resmi.

baca juga:  Pemusnahan Narkoba Oleh( BNN) Provinsi BABEL

Melalui proses penjurian yang ketat, dewan juri menilai empat dari 19 hasil karya para awak media yang masuk ke panitia layak menjadi nominator.

Dari empat nominator akhirnya dipilih satu, karya Nopsa. Karya tersebut telah diperkenalkan perdana dalam launching HPN 2019 oleh Gubernur Jatim Dr H Soekarwo melalui tayangan langsung secara nasional TVRI di Jakarta.

Hadir dalam acara launching Menkominfo Rudiantara, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Penanggungjawab HPN 2019 Margiono dan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Pradetyo.

Sementara itu, ke empat nominator itu, selain karya Nopsa, juga Rusa Bawean sentuhan Iskandar Zubir (Harian Duta Masyarakat), Elang Jawa karya Edy Minto (Harian Surya) dan Bekisar Jawa Timur karya Reza Oky Arjiansyah (Radar Jember).

baca juga:  KPK Meluncurkan Slogan'Pilih Yang Jujur'

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir menyampaikan ucapan terima kasih kepada para awak media yang telah mengirim karyanya. Kepada pemenang dan nominator ia menyampaikan selamat dan sukses. Seluruh karya desain maskot merupakan tanggungjawab panitia.

Sementara itu, Gubernur Jatim Dr H Soekarwo saat meluncurkan ‘Eja mengatakan Elang Jawa ini adalah burung dilindungi yang hampir punah dan sekarang keberadaannya ditemukan di Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo. “Elang ini pintar karena memegang bolpoin,” candanya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu juga memaparkan penjelasannya tentang tema HPN tahun depan, yaitu Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital.

Menurut dia, di era digitalisasi saat ini sudah saatnya pers dan rakyat bersinergi memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya di sektor UMKM. Dia mengaku bangga karena Jatim dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN yang akan dihadiri ribuan jurnalis dari berbagai daerah di Tanah Air nanti. (Humas PWI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *