Sen. Jul 22nd, 2019

Walikota Prabumulih Resmikan KA Prabujaya

PRABUMULIH,

Demokrasiindonesiapost.comSebagai kota perlintasan yang disibukkan dengan kegiatan ekonomi, pendidikan dan pemerintahan, Kota Prabumulih dinilai perlu didukung dengan moda transportasi massal yang memadai. Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (persero) Divre IIl Palembang meluncurkan Kereta Api (KA) Prabu Jaya.

Kehadiran angkutan massal ini diharapkan mampu melayani masyarakat dengan rute Kertapati-Prabumulih dan Prabumulih-Kertapati. Selain nyaman dan lebih ekonomis, sarana moda transportasi ini juga lebih aman dan bebas macet.

Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengaku bangga dan mensuport penuh atas peluncuran KA Prabu Jaya. Dengan kehadiran kereta api tersebut merupakan solusi bagi Pemerintah Kota Prabumulih dalam memberikan pelayanan angkutan massal bagi masyarakat.

baca juga:  HUT RI Pemkot Prabumulih Adakan Lomba Panjat Pinang KhususPegawai Wanita

“Memang kita sudah ada angkutan Damri yang juga menjadi primadona bagi masyarakat Prabumulih. Apalagi dengan ditambahnya kereta api yang rutenya khusus Palembang-Prabumulih dan Prabumulih-Palembang. Tentunya akan menjadi nilai tambah bagi kita dalam hal pelayanan moda transportasi untuk masyarakat,” ujar Ridho usai meresmikan peluncuran Kereta Api Prabu Jaya di Stasiun Prabumulih, Selasa (02/10).

Menurut Ridho, moda transportasi massa memang sangat dibutuhkan masyarakat. Khususnya saat menjelang hari libur dan hari-hari besar. Tentunya, sarana transportasi yang aman dan nyaman menjadi pilihan bagi masyarakat.

“Kita berharap, PT KAI juga bisa memberikan pelayanan terbaiknya kepada penumpang. Kenyamanan dan keselamatan para penumpang harus diutamakan. Sehingga masyarakat betah dan tetap percaya menggunakan kereta api seterusnya,” ucapnya.

baca juga:  Rifki Baday Bekal Calon Di MUSDA KNPI Kota Prabumulih

Sementara itu, EVP III Palembang, Hendy Helmy menjelaskan, adapun jadwal keberangkatan KA Prabu Jaya yakni Kertapati-Prabumulih pukul 06.20 wib sampai 07.45 wib dan Prabumulih-Kertapati 09.00 sampai 10.21 wib.

“Kereta api ini sudah beroperasi sejak tanggal 17 September 2018 lalu. Dan hari ini peresmiannya dilakukan di Prabumulih yang dilakukan langsung oleh Walikota Prabumulih,” ujarnya.

Lebih lanjut Hendy menjelaskan, peluncuran KA Prabu Jaya merupakan komitmen PT KAI (Persero) untuk terus memberikan peningkatan pelayanan bagi masyarakat Palembang, Prabumulih dan sekitarnya. KA Prabu Jaya juga merupakan alternatif pilihan selain KA Rajabasa, Bukit Serelo, Sidang Marga, Sriwijaya yang telah sekian lama menjadi kereta andalan warga Palembang dan sekitarnya.

baca juga:  Tingkatkan (PAD) PALI, BAPEDA Genjot dari Pembuatan Pajak NPWP

“Untuk memperkenalkan KA Prabu Jaya sekaligus menarik minat masyarakat, PT KAI memberikan tarif promo Rp 45.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 35.000 untuk kelas bisnis,” imbuhnya.

Adapun pelayanan yang ditawarkan KA Prabu Jaya terdiri dari 4 kereta kelas eksekutif, 3 kereta bisnis, dan 1 Kereta Makan dengan kapasitas 392 penumpang. Penumpang dapat menikmati faslitas berupa pendingin udara, TV dan toilet.

“Jarak tempuh kurang lebih sekitar 125 menit perjalanan dari Stasiun Kertapati ke Stasiun Prabumulih. Untuk pemesanan tiket bisa dilakukan di stasiun keberangkatan secara go show maupun secara online,” jelasnya. (07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *