Walikota Ucapkan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD Kota Prabumulih 2017

PRABUMULIH
Demokrasiindonesiapost.com Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Wakil Walikota Prabumulih H. Andriansyah fikri SH menyampaikan pengantar nota keuangan rancangan perubahan APBD Kota Prabumulih tahun anggaran 2017, saat sidang paripurna di ruang rapat setempat, Senin (18/9/2017).

Sidang kali ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Prabumulih Ahmad Palo Ahmad Palo S.E yang juga didampingi dua wakilnya, HM Daud Rotasi S. Sos dan H Erwandi B. Sc. Serta dihadiri sejumlah anggota DPRD dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Prabumulih.

Saat membacakan pengantar nota keuangan rancangan perubahan APBD Kota Prabumulih tahun anggaran 2017, walikota menyampaikan rancangan perubahan APBD ini merupakan agregasi (penjumlahan) dari rencana kerja dan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih.

baca juga:  Andry Swantana Tokoh Muda Putra Asli Prabumulih,Calon Komisioner KPU Kota Prabumulih

Selain itu, struktur perubahan APBD tahun anggaran 2017 juga merupakan satu kesatuan yang terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan. Struktur tersebut menunjukkan bahwa penyusunan perubahan APBD dalam tahun anggaran 2017 menggunakan asas surplus/defisit anggaran yang menggantikan asas berimbang dan dinamis.

Adapun struktur perubahan APBD Kota Prabumulih tahun anggaran 2017 yang disusun menggunakan asas surplus/defisit diantaranya pendapatan daerah Rp 944.826.143.335, belanja daerah yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 372.622.428.189 dan belanja langsung Rp 569.501.065.804. Sehingga jika ditotal jumlah belanja keseluruhan menjadi Rp 942.123.493.993 atau surplus Rp 2.702.649.342.

Sementara pada sektor pembiayaan, yang terdiri dari penerimaan pembiayaan tercatat sebesar Rp 4.797.350.658 dan untuk pengeluaran pembiayaan Rp 7.500.000.000, dengan total pembiayaan netto Rp 2.702.649.342. Sedangkan sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan nihil alias Rp 0.

baca juga:  Walikota Prabumulih Resmikan KA Prabujaya

Walikota menambahkan, anggaran tersebut menunjukan upaya pemerintah daerah mencapai sasaran pembangunan yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013-2018, program prioritas tahun 2017 akan difokuskan pada program penanggulangan kemiskinan dan pemerataan pembangunang serta peningkatan perlindungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Difokuskan juga untuk perbaikan iklim ketenagakerjaan dan pengembangan sektor industri dan perdagangan, revitalisasi pertamanan, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, pemantapan ketahanan pangan serta sistem pengairan ketahanan pangan serta sistem pengairan, peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, pembangunan politik, hukum dan HAM, keamanan penertiban dan linmas, pengembangan energi baru dan pengembangan wilayah serta pengembangan pariwisata daerah serta otonomi daerah,” kata Ridho saat membacakan pengantar dihadapan peserta rapat.

baca juga:  Kontraktor Proyek Pengendalian Banjir Sungai Kelekar Di Cambai Prabumulih Di Duga Melawan Hukum

Ia juga menjelaskan beberapa kegiatan prioritas tahun anggaran 2017 ini merupakan hasil penjaringan aspirasi dari masyarakat dalam kegiatan forum musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi, sosial dan budaya.

“Oleh sebab itu kita berharap semoga usulan rancangan perubahan APBD Kota Prabumulih tahun anggaran 2017 dapat disetujui bersama sehingga RAPBD ini sesuai jadwal yang disepakati dapat ditetapkan melalui peraturan daerah,” pungkasnya.(07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *