Khabib Nurmagomedov: McGregor Bicara tentang Agama dan Ayah Saya”

DEMOKRASIINDONESIAPOST.-Petarung seni bela diri campuran asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, menyampaikan pembelaan atas aksinya melompati pagar arena pertandingan selepas ia memastikan kemenangan kontra Conor McGregor di Octagon, Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (6/10).

Dalam sesi jumpa pers pasca laga, atlet berusia 30 tahun tersebut memahami mengapa publik mengkritik tindakannya yang memicu kerusuhan antara timnya dan tim McGregor.

Namun demikian, ia juga mengkritik sikap masyarakat dan media yang tidak membahas apa yang dilakukan McGregor saat melempar bus yang ditumpangi Nurmagomedov dan timnya di Brooklyn, New York, Mei silam. Saat itu, pecahan kaca sempat melukai beberapa petarung yang berada di bus yang sama dengan Nurmagomedov.

“Ini bukan sikap terbaik saya, saya manusia biasa, saya tahu, sadar orang-orang berbicara tentang saya melompati ring. (Tapi) dia (McGregor) bicara tentang agama saya, tentang negara saya, tentang ayah saya, dia datang ke Brooklyn dan menghancurkan bus dan hampir membunuh orang, bagaimana dengan hal ini?” ucap Nurmagomedov.

Menurut Nurmagomedov, McGregor dan timnya membuat UFC menjadi olahraga yang terkesan dihiasi dengan kata-kata kotor. Baginya, seni bela diri campuran adalah olahraga yang penuh penghormatan dan kesopanan.

“Menurut saya, media sedikit mengubah situasi. Ini adalah olahraga yang penuh penghargaan, bukan olahraga perang mulut. Seperti yang saya bilang kepada Anda sebelumnya, saya ingin mengubah olahraga ini, saya tidak ingin orang bicara kasar tentang lawan, agama, ayah Anda. Anda tidak boleh bicara tentang agama, negara, Anda tidak boleh membicarakan ini, ini bagi saya sangat penting,” ucap Nurmagomedov.

Sebelum menutup konferensi persnya, Nurmagomedov juga mengaku bahwa ia dihubungi oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin, kata pria yang lahir di wilayah muslim Rusia, Dagestan, itu, mengucapkan selamat atas kemenangannya atas McGregor.

“Putin menghubungi saya, dia bilang dia bangga terhadap saya karena saya menang,” kata Nurmagomedov.

Kemenangan submisi atas McGregor memperpanjang catatan tak terkalahkan Nurmagomedov menjadi 27 kemenangan (delapan KO, sembilan submisi, dan sepuluh menang angka). Saat ini, Nurmagomedov memegang sabuk kelas menengah UFC.

“Dan hari ini, alhamdulillah, sabuk ada di sini, tak terkalahkan, dan tak ada perselisihan,” ucap Nurmagomedov.[]